Selasa, 10 Juni 2014

UJI KARBOHIDRAT

Karbohidrat merupakan senyawa metabolit primer selain protein dan lipid. Karbohidrat mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan manusia, antara lain adalah sebagai sumber tenaga dan penghasil panas tubuh. Adanya karbohidrat dapat diidentifikasi dengan menggunakan berbagai macam metode.

1. Uji Molisch
- Prinsip reaksi ini adalah dehidrasi senyawa karbohidrat oleh asam sulfat pekat.
- Dehidrasi heksosa menghasilkan senyawa hidroksi metil furfural, sedangkan dehidrasi pentosa menghasilkan senyawa fulfural.
- Uji positif jika timbul cincin merah ungu yang merupakan kondensasi antara furfural atau hidroksimetil furfural dengan alpha-naftol dalam pereaksi molish.

2. Uji Seliwanoff
- merupakan uji spesifik untuk karbohidrat yang mengandung gugus keton atau disebut juga ketosa
- Jika dipanaskan karbohidrat yang mengandung gugus keton akan menghasikan warna merah pada larutannya.

3. Uji Benedict
- merupakan uji umum untuk karbohidrat yang memiliki gugus aldehid atau keton bebas
- Uji benedict berdasarkan reduksi Cu2+ menjadi Cu+ oleh gugus aldehid atau keton bebas dalam suasana alkalis
- biasanya ditambahkan zat pengompleks seperti sitrat atau tatrat untuk mencegah terjadinya pengendapan CuCO3
- uji positif ditandai dengan terbentuknya larutan hijau, merah, orange atau merah bata serta adanya endapan.

4. Uji Barfoed
- Digunakan untuk menunjukkan adanya monosakarida dalam sampel
- Uji positif ditunjukkan dengan terbentuknya endapan merah orange

5. Uji Iodin
- Digunakan untuk menunjukkan adanya polisakarida
- Amilum dengan iodine dapat membentuk kompleks biru
- Amilopektin dengan iodin akan memberi warna merah ungu
- sedangkan dengan glikogen dan dekstrin akan membentuk warna merah coklat

6. Uji Fehling
- Digunakan untuk menunjukkan adanya karbohidrat pereduksi (monosakarida, laktosa, maltosa, dll)
- Uji positif ditandai dengan warna merah bata

permasalahan : mengapa pada uji benedict, hasil ujinya berwarna hijau, merah, orange atau merah bata, bukan hanya satu warna seperti uji seliwanoff yang menghasilkan warna merah ?

3 komentar:

  1. Uji Benedict bertujuan membuktikan adanya gula reduksi. Pengujian ini berdasarkan gula yang mempunyai gugus aldehida atau keton bebas mereduksi ion Cu2+ dalam suasana alakalis menjadi Cu+ yang mengendap sebagai Cu2O berwarna merah bata. Reaksi positif ditandai dengan timbulnya endapan warna biru kehijauan, kuning, atau merah bata terkandung kadar gula pereduksi yang ada. Uji benedict dapat pula digunakan untuk menentukan kadar gula dalam urin secara semikuantitatif. warna yang berbeda menunjukkan konsentrasi yang berbeda pada tiap karbohidrat. jika warna yang dihasilkan berwarna biru/ hijau keruh, ,maka tidak terdapat konsentrasi didalam pengujian tersebut. jika warna yang dihasilkan berwarna hijau/hijau kekuningan, maka menunjukkan konsentrasi kurang dari 0,5%. jika warna yang dihasilkan berwarna kuning kehijauan/kuning keruh, maka menunjukkan konsentrasi sebesar 0,5 - 1,0%. jika warna yang dihasilkan berwarna jingga, maka menunjukkan konsentrasi sebesar 1,0 - 2,0% dan jika warna yang dihasilkan berwarna merah bata maka menunjukkan konsentrasi lebih dari 2%.

    BalasHapus
  2. Nama : Wulandari
    NIM : A1C112006

    Baiklah saya akan mencoba menjawab permasalahan saudari Icha.
    Uji benedict adalah uji kimia untuk mengetahui kandungan gula (karbohidrat) pereduksi. Gula pereduksi meliputi semua jenis monosakarida dan beberapa disakarida seperti laktosa dan maltosa.
    Pada uji ini digunakan reagen Benedict mengandung ion Cu2+ yang direduksi menjadi ion Cu+ yang kemudian mengendap sebagai Cu2O yang tidak larut dalam air. Endapan yang terbentuk dapat berwarna hijau, kuning, atau merah bata. Warna endapan ini tergantung pada konsentrasi karbohidrat yang diuji. Semakin banyak gula dalam larutan maka semakin gelap warna endapan. Suatu endapan kehijauan menunjukkan konsentrasi sekitar 0,5%; endapan kuning konsentrasi 1%; jingga menunjukkan konsentrasi 1,5% dan merah menunjukkan konsentrasi 2% atau lebih tinggi.

    Sekian semoga dapat membantu :)

    BalasHapus
  3. NAMA : META TRIA PUTRI
    NIM : A1C112024

    baiklah saya ingin sedikit menambahkan jawaban tentang permasalahan blog anda yaitu mengapa pada uji benedict, hasil ujinya berwarna hijau, merah, orange atau merah bata , yaitu karena Molekul maltosa atau glukosa yang terlihat dari hasil positif pada uji benedict yang terbukti dengan terbentuknya warna merah bata pada tabung reaksi yang telah dipanaskan. Maltosa yang diuji dengan benedict memberikan warna merah bata, sedangkan amilum yang diuji dengan iod akan memberikan kompleks warna biru-ungu. Warna merah bata yang terbentuk disebabkan oleh maltosa dan glukosa memiliki gugus aldehid yang bebas sehingga dapat mereduksi ion-ion tembaga (Cu) yang terdapat pada larutan benedict menjadi Cu2O yang berwarna merah bata , pada dasarnya Reaksi Benedict akan menyebabkan larutan yang berwarna biru akan berubah menjadi orange atau kuning. Untuk mengetahui gula pereduksi yang mempunyai sifat reduksi lebih kuat, reaksi Fehling lebih jelas perubahan warnanya .

    semoga bermanfaat

    BalasHapus